Pembohong A Markus

Demi Yesus & Fulus Pendeta Markus Berdusta Mengaku Bekas Ketua FPI
Kesaksian dusta terbesar sekaligus paling memalukan dalam sejarah kristenisasi di Indonesia, dilakukan oleh Pendeta Mohammad Makrus Ali Atamimi.
Situs kristenisasi www.isadanislam.com mengunggah testimoni Pendeta Makrus Ali dengan judul bombastis “Mantan Pemimpin FPI Menerima Isa Al-Masih.” Untuk memuluskan kristenisasi, dalam situs tersebut juga disediakan fasilitas mengunduh file video rekaman testimoni.
Ringkasan testimoni pria keturunan Arab-Jawa kelahiran Bangil Jawa Timur ini  adalah sebagai berikut:
1. Mengaku sebagai seorang keturunan Nabi Muhammad yang bergelar habaib sehingga dipercaya menjaga sumur Zamzam selama 4 tahun.
2. Setalah kuliah di Universitas Islam Madinah selama 4 tahun, melakukan tugas jihad ke Afghanistan.
3. Usai jihad di Afghanistan, pulang ke Indonesia untuk mendirikan Laskar Jihad bersama Ustadz Dja’far Umar Thalib di Ambon.
4. Tanggal 10 Januari tahun 2004 dilantik menjadi Ketua FPI Jawa Timur karena memiliki tipologi yang bengis, kejam dan licik dalam menghancurkan umat Kristen.
5. Saat menjadi Ketua FPI Jawa Timur, ia mendapat tugas dari guru besarnya untuk mencari boneka emas (Jawa:  gole’an kencono) di alam gaib. Dalam tirakat mencari boneka emas itulah, ia bertemu dengan Yesus dalam suatu penampakan. Maka pada tahun 2004 itu pula ia masuk Kristen dengan nama Kristen: Habib Palulus Mohamad Ali Markus At-Tamimi.
Pendeta Menipu, Jemaat Tertawa Memberi Aplaus
Kasus VCD testimoni Pendeta Markus Ali yang mengaku habib bekas Ketua FPI Jatim ini sebenarnya kasus usang yang sudah diserahkan ke Polda Jatim. Tapi anehnya, sampai sekarang para penginjil Kristen masih mengelu-elukan VCD yang seratus persen berisi bualan pendeta itu.
Meski VCD yang beredar itu tidak beridentitas, namun penulis bersama jaringan Tim FAKTA Malang berhasil melacak sumber VCD itu pada Oktober 2007. Bermodal gambar yang ada di VCD itu, penulis berhasil menemui pihak gereja dari gembala sidang hingga moderator acara, Hari Sujalmo di kediamannya. Di pucuk GJKW penulis berdialog dengan Pendeta Gunawan Yuli, Ketua Komisi Hubungan Antarumat Beragama Majelis Agung GKJW.
Penulis beberapa kali berdiskusi langsung dengan Pendeta Markus Ali dan istrinya, Pujiana di Surabaya. Lalu untuk melacak asal-usul Markus, penulis juga menapak tilas masa lalunya yang penuh dengan kriminalitas di dusun Mbiru desa Gunung Rejo kecamatan Singosari Malang. Ternyata Markus pernah dibui dalam kasus penipuan dan penggelapan uang.
VCD yang beredar pada tahun 2007 itu adalah rekaman testimoni Pendeta Markus dalam acara Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR) Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW) Kebon Agung Malang. Acara bertempat di gedung GKJW Tulung Rejo di kota Batu, Malang ini diselenggarakan bertepatan pada hari raya Nyepi tanggal 19 Maret 2007.
Tak hanya berdusta, dalam ceramahnya Markus terang-terangan menghina Islam. Ia menyebut ritual ibadah haji sebagai permainan anak-anak kecil. Karenanya umat Islam yang berhaji itu perlu diperiksakan ke psikiater. Ia juga menyebut hajar Aswad sebagai kumpulan 8.888 jin yang dipimpin oleh jin yang bernama Huda Alfitiri. Tentang air Zamzam, Markus menuding bahwa air itu bukan air dari sumur Zamzam, tapi air suling dari PDAM Arab.
Dusta yang paling mencolok adalah ketika menceritakan asal-usul doa shalawat Nabi. Dengan akting yang cukup meyakinkan bak sejarawan, Markus menyebutkan bahwa asal mula shalawat itu dimulai ketika Nabi pada usia ke-61 tahun diracun oleh istrinya yang ke-17. Maka turunlah surat Yasin untuk dibacakan kepada Muhammad dengan harapan agar dipercepat kesembuhannya. Karena tak kunjung terkabul, Muhammad yang sudah sekarat, mengumpulkan seluruh keluarga dan shahabatnya untuk membaca shalawat. Setelah dibacakan shalawat, barulah Muhammad meninggal dunia.
Menurut Markus Ali, doa shalawat yang dibacakan pada akhir hayat Nabi adalah “Allohumma solli ala sayyidina muhammadin wa ala sayyidina muhammad ku anfusakum wa ahlikum naron.”
Bacaan shalawat yang diceritakan Markus ini jelas ngibul besar dan tak pernah diajarkan dalam Islam. Uniknya, ratusan jemaat yang memadati GKJW berulang kali memberikan aplaus ketika Markus menghujat Islam. Tanpa disadari, mereka memberikan support bagi orang yang telah menipu mereka di rumah ibadah.
    …Dusta yang paling mencolok adalah cerita Markus tentang asal-usul shalawat Nabi. Bacaan shalawat yang diceritakan Markus ini jelas ngibul besar dan tak pernah diajarkan dalam Islam...
Masuk Islam Setelah Difatwa Mati
Mendengar namanya dicatut untuk pengkristenan umat Islam, Ustadz Dja’far pun memfatwa mati kepada Pendeta Markus karena melecehkan Allah SWT, Islam dan Nabi Muhammad SAW. Mantan Panglima Laskar Jihad ini menyebutkan keutamaan membunuh pendeta penghujat Allah dan Rasul-Nya dengan mengutip hadits dari Sunan Abi Daud: “Laa yajtami’u fin-naari kaafirun wa qootiluhu abadan” (Tidak akan pernah berkumpul di neraka, antara orang kafir dengan orang yang membunuhnya).
Namun sebelum fatwa mati dilaksanakan, pembohong Markus buru-buru menyatakan masuk Islam dengan bersyahadat di hadapan Ustadz Sahal Soleh, dosen LPBA Sunan Ampel, Surabaya. Esoknya, Sabtu (27/10/2007) Markus mengadakan hajatan besar di rumahnya di kawasan Sidoyoso, Surabaya Utara. Ia memperbaharui nikah secara Islam dengan Pujiana, anak ketujuh H Abdul Manaf yang sudah dinikahi sejak tahun 1986. Usai pembaharuan nikah, diadakan khataman Al-Qur’an yang dilanjutkan dengan pengajian tasyakuran pada malam harinya. Selaku shahibul bait, Markus memberikan kata sambutan. Ia menyatakan tekadnya bersama istri dan kelima anaknya untuk istiqamah dalam Islam sampai akhir hayatnya. Acara ditutup dengan tausiyah yang disampaikan oleh Ustadz Masyhud SM, dai pakar kristologi dari Sidoarjo. Penulis hadir pada acara yang dihadiri ratusan warga ini dengan mendokumentasikan dalam VCD.
    ...yang harus diperiksakan ke psikiater bukan umat Islam yang melakukan ibadah haji, melainkan Pendeta Markus yang merekayasa kesaksian dusta di gereja...
Usai pengajian, penulis bertanya kepada Markus dari mana ia mendapatkan literatur bahwa Hajar Aswad di Masjidil Haram itu dihuni oleh 8.888 jin yang dipimpin oleh jin yang bernama Huda Alfitiri? Dan darimana ia mendapat informasi tentang shalawat Nabi yang aneh itu?
Markus menjawab bahwa itu semua akal-akalan yang menjiplak apologi para pendeta seniornya, antara lain: Bambang Noorsena, Edi Sapto, Drs H Amos, Nur Aziz, dan Hamran Ambrie.
Jelaslah bahwa yang harus diperiksakan ke psikiater bukan umat Islam yang melakukan ibadah haji, melainkan Pendeta Markus yang merekayasa kesaksian dusta di gereja.
Dan para misionaris penyebar VCD Markus Ali pun harus dirawat di rumah sakit jiwa!!
Untuk mengkristenkan umat Islam, para pendeta sudah tidak punya rasa malu untuk berkata dusta, berbuat fitnah dan berlaku licik. Setidak-tidaknya, hal ini dilakukan oleh Pendeta Markus dalam ceramah kesaksiannya di gereja. Dalam ceramah yang direkam dalam keping VCD tersebut, Pendeta Markus mengaku sebagai mantan Habib pendiri FPI dan Laskar Jihad. Dalam ceramahnya, Pendeta Markus banyak melecehkan ajaran Islam.
Awal bulan yang lalu (3/1/2010), VCD kesaksian dusta Pendeta Markus diedarkan secara gelap kepada umat Islam di Bengkulu. Kini, VCD yang sama diedarkan di Sumenep, Madura.
Bulan ini, VCD kesaksian dusta Pendeta yang mengaku mantan habib FPI itu kembali gegerkan umat Islam Madura, setelah beredar luas di Kecamatan Dasuk, Pasongsongan dan Ganding, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. VCD kesaksian dusta itu disebarkan secara gelap, satu paket dengan buku-buku pelecehan Islam.
Kiyai Muhammad Hanif, Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) An-Nur, Desa Mantajun, Kecamatan Dasuk, Sumenep, Selasa (16/2/2010) sangat khawatir dengan peredaran VCD dan buku tersebut, karena sangat melecehkan Islam.
"Beberapa hari lalu, sejumlah warga mendatangi dan memberitahukan pada kami telah menerima buku dan VCD yang isinya melecehkan ajaran Islam. Kami khawatir dan resah atas peredaran buku dan VCD tersebut, karena isinya tidak mengenakkan," katanya menambahkan.
Ia mengatakan, pihaknya langsung membaca dua buku dan memutar VCD yang diserahkan warga tersebut.
"Isinya memang melecehkan ajaran Islam. Di VCD, Nabi Muhammad disebutkan meninggal dunia akibat diracun oleh salah seorang istrinya dan Nabi Ismail menjadi nabi atas permintaan Nabi Ibrahim," paparnya mengungkapkan.
Di VCD tersebut, juga disebutkan thawaf (mengelilingi Ka'bah sebanyak tujuh kali) yang merupakan salah satu rangkaian ibadah haji disebut sebagai mainan anak-anak kecil.
"Kami langsung meminta warga untuk tidak percaya pada isi VCD maupun buku tersebut," ucap Hanif menuturkan.
Sesuai informasi dari warga, kata dia, buku dan VCD tersebut diperoleh dari orang yang naik sepeda motor dan tak dikenal oleh warga sekitar.
"Salah satu buku diterima oleh salah seorang siswa sekolah dasar (SD). Ketika itu, anak tersebut pulang dari sekolah dan di jalan tiba-tiba dilempari buku oleh orang yang naik sepeda motor," tutur Hanif menjelaskan.
Dalam VCD Pendeta Makrus itu tidak dicantumkan penerbit dan alamat jelas, hanya mencantumkan judul: "Yang Kuasa sudah Ubahkan Hati Keras", dan nomor telepon genggam 0812891942xx.
Dua buku yang beredar di Desa Mantajun berjudul "Jalan (Tauhid) Menuju Surga" dan "Siapa Membelenggu Tuhan, Penuntun Menjadi Kaum Imani yang Tidak Membelenggu Tuhan". Kedua buku ini sama sekali tidak mencantumkan nama penulis dan alamat penerbit, hanya terdapat nomor telepon genggam 0852255590xx.
Dalam buku yang beredar itu disebutkan Nabi Muhammad tertipu jin Arab ketika menyebarkan agama Islam dan Ka'bah adalah patung berhala.
Sementara di desa Mordejeh, Kecamatan Ganding, disebarkan judul buku lain, yaitu “Jalan ke Surga,” juga tidak mencantumkan nama penulis dan alamat penerbit.
Polres Sumenep Selidiki Penyebaran VCD dan Buku Pelecehan Islam
Polres Sumenep, Madura, Jawa Timur, menyelidiki kasus penyebaran buku dan VCD yang isinya melecehkan ajaran Islam di wilayahnya.
Kasat Intelkam Polres Sumenep, AKP Endri Prasetyo Utoro, Selasa, menjelaskan, pihaknya telah menerima informasi tentang adanya orang tak dikenal yang menyebarkan buku dan VCD pada masyarakat.
"Kami gerak cepat untuk menyelidiki kasus penyebaran buku dan VCD tersebut, karena isinya sensitif, yakni melecehkan ajaran Islam," katanya di Sumenep.
Untuk sementara, kata dia, pihaknya telah menerima informasi adanya kasus penyebaran buku dan VCD yang menjelekkan ajaran Islam oleh orang tak dikenal di tiga lokasi, yakni dua desa di Kecamatan Pasongsongan dan satu desa di Kecamatan Dasuk.
"Kami telah membentuk tim untuk menyelidiki kasus penyebaran buku dan VCD itu. Saat ini, anggota masih di lapangan," katanya mengungkapkan.
Informasi sementara yang dilaporkan anggotanya, kata dia, orang yang menyebarkan buku dan VCD itu naik sepeda motor dan mengenakan helm standar, sehingga wajahnya tidak diketahui.
"Ada pun modus penyebarannya adalah menyerahkan pada anak sekolah dan warga di rumahnya. Kami berharap warga yang menerima buku dan VCD serupa untuk melaporkan pada kami," kata Endri menuturkan.
Ada pun tiga lokasi penyebaran buku dan VCD yang melecehkan ajaran Islam adalah di Desa Soddara dan Panaongan, Kecamatan Pasongsongan, dan Desa Mantajun, Kecamatan Dasuk.
Ketua Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Sumenep KH Syafraji belum dapat dikonformasi mengenai tindak lanjut dari ditemukannya buku dan VCD yang melecehkan agama Islam tersebut.
Dusta Pendeta Markus Besar Sekali!!
Dalam VCD kesaksian Pendeta Markus yang sampai di redaksi voa-islam.com, rekaman VCD penghujatan itu berdurasi 90 menit, menampilkan ceramah kesaksian di Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW).
Dalam ceramahnya yang kental dengan logat Suroboyoan, pendeta Muhammad Ali Makrus alias Markus itu banyak mengeluarkan kesaksian dusta, adu domba dan penodaan terhadap Islam dan kaum muslimin. Perhatikan kutipan ceramah Markus berikut:
“Ketika habis dari Madinah, saya keluar ke Afghanistan. Saya dipersiapkan untuk menjadi Laskar Jihad. Sebelum saya menjadi Laskar Jihad, saya benar-benar dibentuk waktu itu ada di Ambon. Saya bersama Ustadz Ja’far waktu itu. Karena Laskar Jihad ini merupakan sebuah laskar yang dipersiapkan betul untuk menghadapi kelompok-kelompok orang Kristen.
Terus lahirlah FPI itu sendiri. Pada saat itu di Jawa Timur masih kosong, belum ada gerakan FPI sama sekali. Sehingga Habib Rizieq waktu itu memanggil saya. Disampaikan bahwa seluruh dewan pengurus yang ada di FPI meminta saya untuk memimpin, menjabat FPI di Jawa Timur. Karena tugas FPI ini harus diserahkan kepada orang yang punya gelar habaib. Kalau tidak ada embel-embelnya habaib, ndak boleh. Akhirnya saya pimpin. Karena pemimpin FPI harus memiliki banyak kriteria, salah satunya tidak pernah kenal kompromi sama sekali, bengis, licik, picik. Itu sudah saya program. Pada tanggal 10 Januari tahun 2004 saya dilantik…”
Inilah bukti kedustaan Pendeta Markus dalam VCD kesaksian yang menggegerkan Madura:
Pertama, Pendeta Makrus Ali mengaku, sebelum jadi pendeta, dirinya adalah seorang habib yang bergelar Habib Ali Makrus At-Tamimi. Kesaksian ini dusta besar, karena di kalangan Arab, tidak ada habib yang memakai nama fam “At-Tamimi.” Gelar “At-Tamimi” itu bukan untuk kalangan habib, tapi kalangan “Sayyid.”
Kedua, Pendeta Markus sebelum jadi pendeta dia adalah ulama pentolan Laskar Jihad dan Front Pembela Islam (FPI). Markus mengaku ikut mendirikan Laskar Jihad bersama Ja’far Umar Thalib di Ambon. Ini adalah kedustaan yang nyata, karena Laskar Jihad tidak dibentuk di Ambon, melainkan didirikan dan dideklarasikan di Jakarta tanggal 17 April tahun 2000.
Ketiga, Pendeta Markus mengaku pernah kuliah empat tahun di Madinah pun murni kebohongan. Karena logat Arabnya selalu keliru dalam mengutip ayat Al-Qur’an. Misalnya: kata “ruhulloh” dibaca “roholulloh”, padahal anak TK Islam semuanya tahu bahwa huruf Arab itu tidak ada yang berbunyi “ho.” Kata “hattaa” dibaca “haataa”, surat “az-zukhruf” dibaca “as-sukruf,” dan seterusnya. Mungkinkah orang yang tidak bisa berbahasa Arab belajar di Arab?
Keempat, Pendeta Markus menceritakan bahwa ia dipercaya untuk melihat sumur Zamzam di Madinah karena ia memiliki gelar habib. Dusta ini sungguh menggelikan, karena semua orang tahu kalau sumur Zamzam itu ada di Mekkah, bukan di Madinah.
Kelima, Pendeta Markus menuding Ka’bah Baitullah dihuni oleh 8.888 jin yang dipimpin oleh jin yang bernama Huda Al-Fitiri. Karenanya umat Islam yang mencium Hajar Aswad ketika ibadah haji sama dengan mencium jin yang harus diperiksakan ke psikiater. Uraian ini tidak ada dasarnya sama sekali, melainkan halusinasi yang ditanamkan kepada jemaat gereja supaya bersikap alergi Islam.
Dari mana Pendeta Markus tahu kalau Ka’bah dihuni oleh 8.888 jin? Literatur kitab apa yang dibacanya? Jika tidak dari literatur, berarti tudingan itu hanya halusinasi pendeta Kristen yang mengaku bisa melihat dan menghitung jumlah jin. Padahal jin adalah makhluk gaib yang tidak bisa dilihat dengan mata kepala.
Yang bisa melihat jin adalah bangsa jin sendiri. Jika Pendeta Markus mengaku bisa melihat dan menghitung ribuan jin, apakah ia hendak mengatakan bahwa pendeta adalah bangsa jin yang bisa melihat makhluk halus?
Menuduh Al-Qur’an Salah dan Menyimpang
Selain memfitnah umat Islam dan akidahnya, Pendeta Markus juga membual jemaat dengan informasi keliru tentang Al-Qur’an dengan uraian sbb:
“… Terjadi kesalahpahaman. Contoh kecil, kalau kita melihat acara Idul Adha. Menurut Islam yang disembelih adalah Ismail, tapi menurut orang Kristen yang disembelih adalah Ishak… Tidak satupun ayat yang menyampaikan bahwa yang disembelih itu adalah Ismail. Tidak ada satupun ayat. Justru yang disembelih oleh Ibrahim menurut Al-Qur’an adalah Ishak. Jadi Al-Qur’an tidak pernah ngomong Ismail. Di dalam kitab suci Al-Qur’an yang diomongkan yang disembelih itu bukan Ismail.”
Uraian ini keliru 180 derajat. Dengan sastra yang tinggi dan indah, Al-Qur’an memaparkan kisah pengorbanan Nabiyullah Ismail olah ayahandanya, Ibrahim AS dalam surat As-Shaffat 99-112. Pada ayat 99-111 dikisahkan tentang tahapan ujian Allah kepada Ibrahim untuk menyembelih anak kandung yang shalih. Karena keikhlasan, kesabaran dan kepatuhan Ibrahim kepada Allah sudah teruji, maka ketika hendak disembelih, Allah menggantikannya dengan seekor sembelihan (kambing) yang besar (bi dzibhin ‘adhim).
Pada kisah penyembelihan itu memang tidak disebutkan siapa anak shalih yang hendak dikorbankan Nabi Ibrahim. Tapi ini tidak bisa dijadikan hujjah bahwa yang disembelih itu bukan Nabi Ismail. Karena setelah kisah penyembelihan ini dilakukan, maka pada berikutnya diberitakan kelahiran Nabi Ishak.
“Dan Kami beri dia kabar gembira dengan (kelahiran) Ishak seorang Nabi yang termasuk orang-orang yang saleh” (Qs As-Shaffat 112).
Jika Nabi Ishak lahir setelah terjadinya peristiwa penyembelihan, maka secara otomatis anak shalih yang dikorbankan Ibrahim itu bukan Ishak melainkan Nabi Ismail. Kesimpulan ini semakin jelas bila dibaca dalam nas Al-Qur’an dalam bahasa aslinya: “wa basy-syarnaahu bi ishaaqa nabiyyan minas-shalihin.” Huruf “wawu” dalam kata “wa basy-syarnaahu” (Dan Kami beri dia kabar gembira), dalam ilmu nahwu disebut "wawu ‘athfin lit-tartibi bil-ittishaal" (huruf wawu penghubung kalimat yang menunjukkan urutan kronologis peristiwa).
Sebaliknya, kisah pengorbanan Nabi Ibrahim (Abraham) yang paradoks justru terjadi dalam Alkitab (Bibel):
“Firman-Nya: “Ambillah anakmu yang tunggal itu, yang engkau kasihi, yakni Ishak, pergilah ke tanah Moria dan persembahkanlah dia di sana sebagai korban bakaran pada salah satu gunung yang akan Kukatakan kepadamu” (Kejadian 22:2).
Ayat ini dijadikan sebagai dasar oleh umat Nasrani untuk menunjukkan bahwa yang dikorbankan Abraham bukan Ismael melainkan Ishak. Padahal, penyebutan Ishak sebagai anak tunggal Abraham patut dipertanyakan. Karena Ismael dalam Alkitab berusia lebih tua 14 tahun dibandingkan Ishak. Ingat: Ismael dilahirkan ketika Abraham berusia 86 tahun (Kej 16:16) dan Ishak dilahirkan ketika Abraham berusia 100 tahun (kej 21:5).
Secara otomatis, Ismael pernah jadi anak tunggal Abraham selama 14 tahun. Sedangkan Ishak tidak pernah jadi anak tunggal Abraham, karena sampai akhir hayat Abraham, Ismael dan Ishak sama-sama masih hidup. Buktinya, mereka berdua bersama-sama menguburkan Abraham ke pemakamannya di gua Makhpela di padang Efron bin Zohar (Kej. Pasal 25:9).
Jika faktanya Ismael pernah jadi anak tunggal Abraham dan Ishak tidak pernah jadi anak tunggal Abraham, kenapa ada ayat yang menyebut Ishak sebagai anak tunggal Abraham?
Umat Islam dan Kristen  harus cerdas dan dewasa. Jangan mudah dibodohi oleh para penipu ulung berwajah pendeta yang mengeruk keuntungan pribadi dengan jalan ceramah kesaksian dusta di rumah ibadah.
Waspadai pendeta Markus yang mengaku bernama Islam Habib Muhammad Makrus Ali At-Tamimi